Daluarsa Gugatan Hak Waris Anak Luar Kawin

Sebelumnya Anda harus mengetahui apakah Anda diakui secara sah oleh ayah Anda sebelum pernikahan ayah Anda dengan istrinya atau setelah pernikahan ayah Anda.
Jika Anda diakui setelah pernikahan sah ayah Anda dengan istrinya, Anda tidak berhak atas warisan dari ayah Anda. Ini karena pengakuan secara sah atas anak luar kawin tidak boleh merugikan istri atau suami dan anak-anak dari perkawinannya. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 285 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPer”).
Jika status Anda sebagai anak luar kawin diakui sebelum perkawinan ayah Anda dengan istrinya, maka Anda berhak atas warisan dari ayah Anda.
Akan tetapi, jika Anda diakui sebelum perkawinan pun, Anda harus melihat lagi bahwa gugatan atas hak waris tersebut ada daluarsanya. Sebagaimana diatur dalam Pasal 835 jo. Pasal 834 KUHPer, gugatan untuk memperjuangkan hak waris gugur karena daluarsa jika telah lewat dari 30 tahun, terhitung dari hari terbukanya warisan itu. Yang mana warisan terbuka pada saat ayah Anda meninggal dunia.
Melihat pada ketentuan daluarsa hak menuntut warisan, jika ayah Anda meninggal pada tahun 1982, maka Anda dapat melakukan gugatan hak waris hingga tahun 2012. Yang mana berarti hak Anda untuk melakukan gugatan telah hilang karena daluarsa atau untuk lebih jelasnya hubungi kantor kami.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*